الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالتَّقْوَى وَوَصَّى وَأَحَاطَ بِكُلِّ
شَيْئٍ عِلْمًا. وَأَحْصَى أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَأَنَّ
مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ شَهَادَةَ اْلأَتْقَى. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الْمُصْطَفَى وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ مَنَّ
بِجَمِيْعِ حُقُوْقِهِ قَضَى. أَمَّا بَعْدُ
أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهِ.
اُوْصِيْنِيْ نَفْسِىْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. يَاأَيُّهَا
الَّذِيْنَ أَمَنُوْا اتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا
وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.
Hadirin jama’ah jum’ah yang mulia,
Saya berwasiat kepada diri saya sendiri dan kepada Anda semua, mari kita
meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT dengan berusaha sekuat tenaga
melaksanakan semua perintah-Nya serta menjauhi larangan-laranga–Nya. Telah
maklum bahwa kita semua telah memasuki bulan Rajab, bulan yang mulia. Nabi
Muhammad dalam memperhatikan bulan Rajab sampai memanjatkan doa yang
sebagaimana diriwayatkan oleh Anas Ibn Malik dalam Musnad Ahmad:
أَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
“Ya Allah, semoga Engkau memberkahi kami pada bulan Rajab dan Sya’ban,
semoga Engkau pertemukan kami dengan bulan Ramadlan.”
Seolah-olah bulan Rajab merupakan persiapan awal untuk menyambut bulan
Ramadlan. Ia menjadi tonggak dari rangkaian ibadah-ibadah penting pada bulan
yang jatuh setelahnya, yaitu bulan Sya’ban dan Ramadlan. Sebagian ulama
berkata:
رَجَبُ شَهْرُ الزَّرْعِ وَشعْبَانُ شَهْرُ السَقْيِ وَرَمَضَانُ شَهْرُ
الْحَصَادِ
“Rajab adalah bulan menanam, Sya’ban adalah bulan untuk menyirami, dan
Ramadlan adalah bulan panen.”
Maka dari itu, marilah kita gunakan bulan Rajab ini dengan sebaik-baiknya
dengan memperbanyak amal saleh, istighfar, sedekah, puasa dan lain sebagainya.
Hadirin jama’ah jum’ah yang berbahagia,
Sebagaimana kisah yang telah masyhur, pada bulan Rajab juga terdapat
peristiwa ajaib dan mengagumkan, berupa isra’ wal mi’raj, perjalanan nabi dari Masjidil
Haram sampai Masjidil Aqsha kemudian menuju Sidratul Muntaha. Berikut beberapa
kisah yang dapat kita petik dari cerita Isra’ dan Mi’raj tersebut.
Pertama, Isra’ dan Mi’raj adalah perkara yang haq karena sharih (sangat
jelas dan eksplisit) disebutkan dalam Al-Qur’an, sebuah kejadian yang pasti
terjadi, pasti benar, tak ada keraguan sama sekali meskipun akal manusia tidak
dapat menjangkau.
Semua hal aneh ini terjadi dalam rangka menguji dan mengukur ketebalan iman
seseorang, sebab manusia tersesat adalah orang yang hanya mengukur sebuah
kebenaran hanya bersandar pada akal semata.
Kita harus menghindari arus pemikir yang hanya membanggakan akal dengan
mengesampingkan kekuatan Allah yang lain. Karena tidak mustahil jika pola pikir
demikian dilestarikan akan menjadikan ajaran agama yang tidak cocok dengan akal
akan ditolak dan diingkari, na’udzubillahi min dzalik. Padahal model demikian
adalah cara pandang iblis.
Iblis itu disifati dengan أَوَّلُ مَنْ قَاسَ الدِّيْنَ بِرَأْيِهِ (makhluk
yang pertama kali mengukur kebenaran agama dengan akalnya sendiri).
Kedua, sebelum Nabi Muhammad menghadap Allah SWT (mi’raj), beliau dibedah
dadanya, dibersihkan hatinya meskipun hati Nabi sebenarnya sudah pasti bersih
karena beliau ma’shum (suci dari dosa). Sebagaimana yang ditulis pengarang
Simthut Durrar, Habib Ali Al Habsyi:
وَمَا أَخْرَجَ الْلأَمْلَاكُ مِنْ قَلْبِهِ أَذَى وَلَكِنَّهُمْ زَادُوْهُ
طُهْرًا عَلَى طُهْرٍ
“Malaikat tidak menghilangkan kotoran dari hati Nabi, tetapi agar hati yang
suci semakin menjadi suci”.
Pembersiahan hati ini dilakukan sebelum Rasulullah menerima tugas shalat
lima waktu. Ini juga pelajaran bagi kita sebagai umatnya yang banyak dosa bahwa
saat akan menghadap Allah SWT hendaknya lebih dahulu kita bersihkan hati kita
masing-masing. Maksudnya, apabila kita shalat harus dimulai dengan hati yang
suci, khusyu’ tidak memikirkan bab dunia. Sampai Allah SWT berfirman
menggunakan lafadz ” أَقِيْمُوْا الصَّلَاةَ ” tidak ” اِفْعَلُوْا الصَّلَاةَ “.
Iqâmatusshalâh tidak sama dengan fi’lusshalâh. Fi’lusshalâh yang penting
melakukan rukun dan syarat shalat sudah disebut fi’lusshalâh. Tetapi
Iqâmatusshalâh yang maknanya adalah:
اِتْيَانُ الصَّلَاةِ بِحُقُوْقِهَا الظَّاهِرَةِ وَ حُقُوْقِهَا الْبَاِطَنَة
Melaksanakan shalat dengan menjalankan syarat-rukun shalat yang
dhahir dan syarat-rukun shalat yangbathin, yaitu khusyu’.
Hadirin,
Lalu bagaimana agar dapat melaksanakan shalat dengan khusyu’?
Hatim Al Asham ditanya “كَيْفَ تَخْشَعُ فِيْ صَلَاتِكَ؟” Bagaimana
engkau dapat khusyu’ dalam shalatmu? Maka ia menjawab:
أَقُوْمُ وَ أُكَبِّرُ لِلصَّلَاةِ وَ أَتَخَيَّلُ الْكَعْبَةَ أَمَامَ
عَيْنِيْ
Aku berdiri membayangkan Ka’bah ada di depanku
وَالصِّرَاطَ تَحْتَ قَدَمِيْ وَالْجَنَّةَ عَنْ يَمِيْنِيْ وَالنَّارَ عَنْ
شِمَالِيْ وَمَلَكَ الْمَوْتِ وَراَئِيْ
Aku membayangkan Shirath di bawah telapak kakiku, surga ada di sebelah
kananku, neraka ada di sebelah kiriku dan malakul maut ada di belakangku.
Hadirin hafidzakumullah,
Dengan keterangan tadi, kita semua dapat memahami bahwa shalat yang
dimaksud dalam Al-Qur’an yangتَنْهَىْ عَنِ الْفَخْشَاِء وَالمنْكَرِ itu bukan
shalat biasa, tidak hanya fi’lusshalâh namun harus Iqâmatussahlâh, shalat yang
benar-benar khusyu’, hudlûr dan hati suci.
Semoga kita semua, dan keluarga kita dapat menjadi semakin baik, dimudahkan
dalam melaksanakan semua perintah Allah SWT, mendapat ridha Allah SWT dan
akhirnya masuk surga-Nya. Amin.
Khutbah II
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ الْقُرْأَنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِيْ
وَاِيَّاكُمْ بِالْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ اِنَّهُ هُوَ الْبَرُّ
الرَّؤُوْفُ الرَّحِيْمُ.
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيْمِ, أُتْلُ مَا أُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ,
اِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ, وَلَذِكْرُاللهِ أَكْبَرُ,
وَاللهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ.
وَقُلْ رَّبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ.
اَلْحَمْدُ للهِ حَقَّ حَمْدِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ
وَحْـدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
صَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا.
فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا الله، إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ
عَلَى النَّبِيِّ يَاأَيُّهَا الَّذِيْنَ أَمَنُوا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا
تَسْلِيْمًا. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ
الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِيْهِمْ
اِلَى يَوْمِ الدِّيْنَ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ
اَلْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ
الدَّعْوَاتِ اَللَّهُمَّ اصْلِحْ أَإِمَّتَنَا وَأُمَّتَنَا وَقَضَاتَنَا
وَعُلَمَائَنَا وَفُقَهَائَنَا وَمشَايِخَنَا صَلَاحًا تَامًّا عاَمًّا،
وَاجْعَلْنَا هُدَاةً مُّهْتَدِيْنَ. اَللَّهُمَّ نْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ،
وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ الْمُسْلِمِيْنَ،اَللَّهُمَّ اَهْلِكْ اَعْدَاَ
أَلدِّيْنَ،وَاَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِينَ،وَفُكَّ أَسْرَى
الْمَأْسُوْرِيْنَ،وَفَرِّجْ عَنِ الْمَكْرُوْبِيْنَ وَاقْضِ الدَّيْنَ عَنِ
الْمَدْيُوْنِيْنَ وَاكْتُبِ السَّلَامَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْمُسْلِمِيْنَ
إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.
اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرُ
وَالْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الَمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنِ مَا ظَهَرَ
مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلاَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ
الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قُدِيْرٌ.
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَأَهْلَنَا وَذُرِّيَاتِنَا وَجَمِيْعَ إِخْوَانِنَا مِنْ
عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ الْمُتَّقِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ
الصَّابِرِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ الشَّاكِرِيْنَ مِنْ عِبَادِكَ الْمُخْلِصِيْنَ
مِنْ عِبَادِكَ الْمُجَاهِدِيْنَ مِنْ عُلَمَائِكَ الْعَامِلِيْنَ مِنَ الَّذِيْنَ
أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ.
رَبَّنَا أَتِيْنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا
عَذَابَ النَّارَ. اِللَّهُمَّ ارْزُقْنَا حُسْنَ الْخُاتِمَةِ ×۳
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ
وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
H. M. Shofi Al Mubarok Baedlowie / Ahmad Mundzir
Posting Komentar